Tips Memilih Ban Untuk Kendaraan Anda

ban_mobil_anda

Ban adalah salah satu elemen terpenting dari sebuah kendaraan karena ban dapat mempengaruhi performa kendaraan tersebut. Saat ini telah banyak jenis dan tipe ban yang dapat anda jumpai di pasaran. Namun anda harus memastikan untuk memilih ban yang paling sesuai dengan karakter kendaraan anda. Anda juga disarankan untuk mengganti ban secara berkala dengan yang baru karena ban yang sudah tidak bagus dapat menurunkan kinerja kendaraan anda dan bahkan dapat mengancam keselamatan kanda dalam berkendara. Ban yang baik akan dapat menunjang performa sebuah kendaraan menjadi lebih baik dan memastikan keamanan si pengemudi karena telah banyak kasus kecelakaan terjadi karena buruknya elemen yang sering dianggap sepele oleh kebanyakan orang ini. Ada beberapa tips yang dapat anda lakukan ketika memilih ban. Beberapa hal berikut ini sangat penting untuk anda perhatikan dalam memilih ban yang tepat untuk kendaraan anda.

Yang pertama yaitu memastikan ukuran ban yang dipilih sesuai dengan tipe kendaraan kita. Seperti yang kita ketahui, beberapa kendaraan menggunakan jenis dan ukuran ban yang berbeda. Yang paling aman bagi kita ketika memilih ban yaitu memilih ukuran ban mengikuti standar kendaraan kita agar performa mobil dapat seimbang sehingga akan memberikan rasa aman dan nyaman. Jenis ban yang kita gunakan juga akan sangat berpengaruh bagi performa kendaraan kita. Pemilihan terhadap jenis ban biasanya disesuaikan dengan kendaraan yang kita miliki atau medan tempat kendaraan tersebut digunakan. Pastikan anda memilih jenis ban yang tepat dengan kendaraan atau tipe medan yang sering anda lewati. Jangan sampai anda tertarik untuk menggunakan jenis ban tertentu hanya karena jenis ban tersebut akan terlihat unik atau gagah untuk digunakan pada kendaraan anda.

Kemudian pemilihan lebar dan tebal ban juga sangat penting. Usahakan anda memilih jenis ban yang lebar dan tebalnya tidak berlebihan. Beberapa orang memilih untuk menggunakan ban yang lebih lebar dan tebal dari standart kendaraan mereka karena ingin mempercantik tampilan kendaraan. Namun di sisi lain, semakin lebar dan tebal ban yang kita gunakan dapat memperberat kinerja kendaraan kita. Kondisi seperti ini akan berpengaruh terhadap kinerja mesin yang lebih berat dan konsumsi bahan bakar yang lebih banyak. Sebaliknya ban yang lebih tipis dan bertapak lebih kecil akan mengurangi kenyamanan dan dapat merusak velg saat terjadi benturan.

Selanjutnya ketika ban rusak dimana kita harus menggantinya dengan yang baru, usahakan tidak hanya mengganti 1 ban saja. Penggantian pada semua ban sangat dianjurkan, namun jika anda ingin berhemat anda bisa menggantinya minimal 1 pasang, yaitu kiri dan kanan. Ini karena jika hanya 1 ban saja yang diperbarui, maka otomatis akan ada perbedaan grip pada sisi kiri dan kanan kendaraan sehingga akan berbahaya. Demikian juga ketika kendaraan hendak digunakan, usahakan selalu memeriksa tekanan angin pada ban. Pastikan tekanan angin pada ban kendaraan anda ideal, yaitu antara 30 – 34 psi. Kondisi ban yang bertekanan rendah menyebabkan grip tidak maksimal sehingga tidak aman untuk digunakan. Selain itu ban dalam akan rawan terhadap terjadinya lipatan yang bahkan dapat mengakibatkan sobekan ketika ban digunakan untuk bermanuver yang menyebabkan terjadinya pecah ban yang tentunya akan sangat berbahaya. Sebaliknya, jika tekanan pada ban terlalu keras, maka akan menyebabkan karakter ban menjadi keras juga, ini tentunya akan mengurangi kenyamanan ketika berkendara.