Kepuasan serta kenyamanan bertransaksi selalu dinomorsatukan oleh PT. Suzuki Indomobil Sales melalui penjualan, penyediaan suku cadang, dan pelayanan purna jual. Dealer-dealer resminya, yang tersebar di seluruh Indonesia menjadi garda terdepan dalam pencapaian “Customer Satisfaction” tersebut. Untuk memenuhi kebutuhan konsumen, Suzuki menangani persiapan Sumber Daya Manusia secara serius.

Tenaga terlatih dan terampil yang sesuai standar korporasi dipasok ke semua dealer. Suzuki Training Center yang berlokasi di Pulogadung menjadi wadah penempaan dan pelatihan yang melingkupi sales atau marketing, teknisi, dan spareparts support. Pihak perusahaan optimis mampu memberikan yang terbaik bagi pelanggan dengan dukungan SDM serta fasilitas-fasilitas modern yang tersedia di hampir semua dealernya.

Di sela-sela pembukaan Dealer 3S Suzuki Duta Cendana Adimandiri yang teletak di Jalan Cinere Raya, Bapak Djoko Warsito, Service 4W PT. Suzuki Indomobil Sales mengatakan, “Kami akan terus memberikan pelatihan Sumber Daya Manusia untuk memenuhi kebutuhan Dealer”. Gencarnya ekspansi melalui pembukaan dealer baru menuntut tenaga kerja dalam jumlah besar dan juga berkualitas. Ditengarai, langkah tersebut merupakan antisipasi membanjirnya pesanan beberapa lini produk unggulan Suzuki. Salah satunya adalah Ertiga Matic yang diprediksi kembali mencuatkan fenomena di bursa mobil tanah air. Sementara kebutuhan masyarakat untuk segmen kendaraan niaga juga tinggi dan cenderung meningkat.

Suzuki Training Center sendiri sudah memasok lebih dari 1.500 SDM ke semua dealer resmi di seluruh Indonesia. “Kami juga melakukan Screening Test untuk mendapatkan SDM yang berkualitas”, jelas Djoko mengenai kualitas yang mengimbangi jumlah perekrutan. Menurutnya, untuk meraih sertifikasi SDM dari Training Center, siswa harus melalui beberapa tahapan yang mematangkan pengetahuan dan ketrampilan dalam menghadapi persaingan saat ini karena beberapa produk baru telah masuk ke pasar otomotif lokal seperti Ertiga matic, Splash matic dan kemungkin besar Swift Sport menyusul.

Ditambahkan pula bahwa SIS mempunyai kebijakan untuk menyediakan 50 persen SDM pada setiap dealer yang baru dibuka. “Setelah running baru Kami tambahkan menjadi 100 persen”, sambung Djoko mengakhiri penjelasan singkatnya. Duta Cendana Adimandiri saat ini memiliki 11 orang tenaga dealer yang terdiri dari Teknisi, Sales Advisor, Spareparts, dan Umum. Tidak menutup kemungkinan pihak Suzuki akan segera memenuhi kuota 100 persennya, agar dapat memberikan feedback yang baik kepada konsumen.

Tags: ,