Semaraknya bursa otomotif nasional, terutama di segmen menengah kelas Multi Purpose Vehicle, tidak terlepas dari pertarungan Suzuki Ertiga Vs Toyota Avanza. Ibarat pertarungan 2 juara tak terkalahkan, gengsi, kredibilitas, dan predikat menjadi taruhannya. Siapa yang tidak mengenal Avanza? Low MPV besutan Toyota yang sekian lama memegang hegemoni pangsa pasar di kelasnya.

Begitu juga dengan Ertiga, pendatang baru yang bersinar di Tahun 2012 lalu yang saat ini menjadi andalah setiap dealer Suzuki. Produk Fenomenal yang mengakhiri kejenuhan masyarakat. Mereka yang mendambakan sebuah kendaraan serba guna yang tangguh, berdaya muat besar, dan irit bahan bakar tentu tidak akan memalingkan perhatiannya pada dua sosok andalan masing-masing branf tersebut.

Fakta bahwa di kelas Multi Purpose Vehicle, terutama segmen mengengah, juga diisi beberapa produk unggulan dari brand lain, seperti Daihatsu dan Nissan, tidak menyurutkan panasnya persaingan Suzuki Ertiga Vs Toyota Avanza. Namun perlu suatu penilaian objektif, yang fair mengenai kelebihan dan kekurangan ketika membandingkan keduanya.

Konsumen sangat membutuhkan pertimbangan matang untuk memutuskan produk, yang memenuhi kebutuhan transportasi dan pendukung aktivitas mereka sehari-hari. Langsung saja pada aspek harga. Untuk semua varian yang diluncurkan, kisaran harga Ertiga relatif lebih murah dibandingkan Avanza. Ertiga Tipe GA yang menjadi varian terbawah dihargai Rp 148 Juta, sedangkan Avanza All New 1.3 E senilai Rp 150,85 Juta. Varian teratas Ertiga GX Double Blower dibandrol Rp 172,8 Juta. Bandingkan dengan varian setaranya, Avanza Veloz 1.5 Manual Transmission yang mencapai Rp 178,8 Juta.

Kedua produsen mobil keluarga tersebut, sama-sama mengklaim mampu memberikan kenyamanan serta keselamatan berkendara. Baik melaju di jalanan bebas hambatan dengan kecepatan tinggi, menyeruak padatnya lalu lintas kota, maupun melibas medan berat luar kota. Jika membandingkan dimensi body, tinggi keduanya sama. Ertiga lebih panjang dan lebar untuk mendukung aerodinamika, sekaligus balancing performance serta down force. Dampaknya juga terasa pada lebih leganya kabin dan luasnya ruang untuk barang bawaan.

Selanjutnya, beralih ke kapasitas mesin dan tenaga yang dihasilkan. Semua varian Ertiga berkapasitas mesin 1.400 cc, dengan tenaga maksimum 95 PS per 6000 rpm dan ratio 1 liter BBM untuk jarak tempuh 16 Km. Sementara Avanza memiliki 2 kapasitas mesin yang berbeda. Avanza 1.300 cc mampu menghasilkan 92 PS per 6000 rpm dan menempuh jarak 14 Km dengan 1 liter BBM. Sedangkan Avanza 1.500 cc, bisa mencapai tenaga 104 PS per 6000 rpm dengan mengkonsumsi 1 liter BBM untuk mencapai jarak 12 Km. Untuk mengakhiri objektivitas komparansi Suzuki Ertiga Vs Toyota Avanza, sistem keselamatan berkendara pada Ertiga telah dilengkapi dengan Dual SRS Airbags, yang belum pernah ada di semua varian Avanza.

Tags: , ,